Legenda Kota Pompeii dan Desa Legetang

A. Legenda Kota Pompeii

Perjalanan panjang peradaban dunia memuat jutaan kisah tentang pelajaran hidup. Ada kisah yang penuh suka, ada pula yang berbalut duka. Satu kisah miris tentang sebuah Kota yang seketika hancur dalam satu malam karena amukan bencana ternyata bukan menjadi cerita dongeng semata.
Kisah yang melegenda itu berasal dari negeri Italia. Hilang dan terkuburnya Kota Pompeii adalah cerita yang patut direnungkan. Bukti sejarah terkuburnya Pompeii nyata adalah bukti kota yang seketika diazab oleh Sang pemilik kehidupan, kota yang hancur dan tenggelam hanya dalam hitungan malam.
Kala itu, matahari yang makin meninggi bukan menjadi awalan hari bagi ribuan penduduk Kota Pompeii. Kota yang megah di kaki Gunung Api Vesuvius itu belum sepenuhnya terbangun, mereka masih terlelap seelah menghabiskan malam dengan pesta pora, perayaan, dan ingar bingar tanpa henti.
Pada masanya, layaknya Kota Las Vegas di masa kini. Kehidupan gemerlap malam, kegilaan duniawi, arak, alkohol, seks, dan semua jenis candu luluh dalam deru nafas dan aliran darah penduduk Kota Vesuvius. Setiap malamnya mereka berpesta, kekayaan dan kemegahan Kota Pompeii melelapkan mereka dari segala kewajiban pekerjaan dan mencari nafkah.
Namun, di siang itu, kalender Masehi mencatatkan tanggal 24 Agustus tahun 79 Masehi. Sejarah Kota Pompeii yang melegenda karena gemerlap malamnya nampak masih tertidur dalam kelelahan usai pesta. Dalam sekejap, bumi bergetar hebat, guncangan menghentak semua penduduk dan membangunkan mereka yang masih termabuk oleh kerasnya alkohol. Semua yang diam seketika berguncang.
Tak sampai semenit, guncangan berubah menjadi gemuruh dahsyat dari puncak Gunung Vesuvius. Gunung api itu ternyata sedang terbangun. Dapur magmanya yang besar sedang mendidih, bersiap memuntahkan isinya melalui celah sempit kawahnya. Sementara itu, di Kota Pompeii seluruh bangunan yang rapuh, berikut patung-patung besar berpose mesum, rumah bordil semi permanen, arena gladiator yang dipakai berjudi, serta gedung teater rubuh seketika.
Dilansir dari laman BBC, Pliny seorang pejabat dari Romawi yang selamat dari bencana Kota Pompeii menuliskan kisah di hari itu lewat coretan surat-surat peninggalan bersejarah, Ia mengisahkan, setelah bunyi gemuruh dari Vesuvius, Orang Pompeii tumpah ke jalan dalam pandangan kosong tak mengerti apa yang sedang terhadi.
Dalam sekejap, Gunung Vesuvius pun meletus. Memuntahkan semua isi perutnya pada suhu puncak didih. Batuan vulkanik, pasir, debu, aliran prioklastik, hingga lava yang merah mendidih seketika meluber dari mulut kawah. Mengalir deras ke arah Kota Pompeii. Letusan yang berlangsung seharian itu pun tak bisa dibendung sama sekali, terjadi berjarak hanya sekian kilometer dari puncak Vesuvius tak bisa mengelak sama sekali dari derasnya bencana letusan Gunung Vesuvius.
Akhirnya, Kota maksiat itu pun terkubur total. Sejarah mencatat ada 20.000 jiwa warga yang terjebak dalam bencana dahsyat Vesuvius. Lahar panas yang mengalir deras menghanguskan seluruh Kota Pompeii hanya dalam satu hari. Mengenggelamkan kota itu hingga sedalam tiga meter. Sejak bencana itu, Kota Pompeii pun hilang dalam peradaban Kekaisaran Romawi. Pompeii pun dilupakan sejarah, hingga akhirnya ditemukan pada tahun 1748.

Pasca ditemukan secara tak sengaja oleh arkeolog di wilayah yang kini bernama Campania, Tenggara Kota Napoli, Italia, penemuan Kota Pompeii pun mengejutkan dunia. Sejarah peradaban Pompeii akhirnya terkuak. Satu hal yang paling menarik, artefak kota maksiat yang terkubur bencana itu tak hanya meninggalkan bentuk rumah, batu-batuan, dan penggambaran betuk Kota Pompeii. Namun juga ditemukan puluhan jasad warga Pompeii yang masih utuh!

Mayat-mayat penduduk Pompeii yang terkubur aliran piroklastik dan lava panas itu berada dalam kondisi utuh karena mengeras, membatu, dan diawetkan oleh abu vulkanik selama ribuan tahun. Mereka membatu dalam berbagai posisi yang seronok dan menggambarkan karakteristik penduduk Kota Pompeii yang mengumbar perzinahan.



B. Legenda Desa Legetang

Dukuh Legetang adalah sebuah daerah di lembah pegunungan Dieng, sekitar 2 km ke utara dari kompleks pariwisata Dieng Kabupaten Banjarnegara. Dahulunya masyarakat dukuh Legetang adalah petani-petani yang sukses sehingga kaya. Berbagai kesuksesan duniawi yang berhubungan dengan pertanian menghiasi dukuh Legetang. Misalnya apabila di daerah lain tidak panen tetapi mereka panen berlimpah. Kualitas buah/sayur yang dihasilkan juga lebih dari yang lain. Namun barangkali ini merupakan “istidraj” (disesatkan Allah dengan cara diberi rizqi yang banyak dan orang tersebut akhirnya makin tenggelam dalam kesesatan).

Masyarakat dukuh Legetang umumnya ahli maksiat dan bukan ahli bersyukur. Perjudian disana merajalela, begitu pula minum-minuman keras (yang sangat cocok untuk daerah dingin). Tiap malam mereka mengadakan pentas Lengger (sebuah kesenian yang dibawakan oleh para penari perempuan, yang sering berujung kepada perzinaan). Anak yang kawin sama ibunya dan beragam kemaksiatan lain sudah sedemikian parah di dukuh Legetang.
Pada tengah malam tanggal 16 April 1955, menjelang pergantian hari, Dusun Legetang yang masuk dalam wilayah administrasi Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Banjarnegara, tiba-tiba lenyap dari permukaan bumi. Penyebabnya adalah potongan puncak gunung/bukit Pengamun-amun yang beberapa minggu sebelumnya telah terlihat retakannya, pada malam yang dingin itu bongkahan tanah berukuran raksasa tersebut tiba-tiba “terbang” dan berpindah ke lembah dimana Dusun Legetang berada. Sebanyak 332 jiwa penduduk Dusun Legetang dan 19 orang dari desa-desa tetangga yang tengah berkunjung ke dusun tersebut ikut tertimbun dan dianggap meninggal. Beredar cerita tentang kondisi sosial masyarakat dusun yang sebagian besar berperilaku kurang terpuji, yang mengingatkan orang akan kaum Sodom Gomorah yang dihukum Tuhan dengan cara yang kurang lebih sama. Yang sangat aneh dan menjadi misteri adalah, mengapa kawasan antara kaki gunung dan perbatasan Dusun Legetang yang berjarak beberapa ratus meter (jurang dan sungai), tidak ikut tertimbun.
Dukuh Legetang yang tadinya berupa lembah itu bukan hanya rata dengan tanah, tetapi menjadi sebuah gundukan tanah baru menyerupai bukit. Seluruh penduduknya mati. Gegerlah kawasan dieng… Seandainya gunung Pengamun-amun sekedar longsor, maka longsoran itu hanya akan menimpa dibawahnya. Akan tetapi kejadian ini bukan longsornya gunung.

Antara dukuh Legetang dan gunung Pengamun-amun terdapat sungai dan jurang, yang sampai sekarang masih ada. Jadi kesimpulannya, potongan gunung itu terangkat dan jatuh menimpa dukuh Legetang.



Referensi:
https://sunniy.wordpress.com/2007/12/01/desa-yang-musnah-di-daerah-dieng/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Cerpen Semut Yang Hemat dan Kue Bika Ambon

Kecanggihan Teknologi CCTV dan Android

Sistem Informasi dan Teknologi Informasi