Trend Inovasi Masa Kini

Hallo...
Di tahun 2016 yang semakin canggih ini pasti juga di ikuti sama teknologi teknologi canggih yang bermunculan. Nah teknologi apa aja sih yang lagi nge-trend di 2016 ini yuk liat!

1. Smart Car
    Teknologi smart car atau bisa dibilang "mobil tanpa sopir" ini membuat Produsen produsen IT besar seperti Google dan Apple mulai berlomba lomba mengembangkan teknologi mobil smart car ini. Saat ini, pengembangan smart car ini sendiri sedang mencapai tahap pengujian keamanan. Mobil ini sendiri tidak akan dilengkapi dengan kemudi manual, karena navigasi akan berbekal pada maps, seperti Google Maps, jadi kita tinggal menyebutkan tujuan kita maka mobil ini akan berjalan sendiri ke tempat tujuan. Nah, teknologi smart car ini diprediksi akan menjadi salah satu trend teknologi di tahun 2016.

2. Robot yang Semakin Mengerti Manusia
    Saat ini, perkembangan teknologi robot telah mencapai tahap yang luar biasa. Robot Asimo buatan Honda ini misalnya. Robot ini sudah bisa bergerak seperti manusia, khususnya pada tangan bagian jari. Robot ini juga sudah dilengkapi dengan voice recognizer yang membuatnya bisa berbicara dengan manusia. Nah, dengan perkembangan teknologi sensor yang semakin maju, bukan tidak mungkin robot robot akan dibuat lebih mengerti manusia. Tidak hanya menjadi pelayan toko, namun sudah bisa menjadi pelayan pribadi manusia.


3. Everything via Smartphone
    Tidak hanya developer aplikasi di luar negeri, para developer aplikasi dalam negeri juga mulai menunjukkan perkembangan yang bagus di tahun 2016 ini. Banyak kebutuhan kebutuhan kita yang bisa dipenuhi hanya semudah menekan sebuah tombol di smartphone. Gojek, Uber, Grab dll adalah beberapa contoh kemudahan pemesanan angkutan umum hanya lewat smartphone. Juga di dukung dengan koneksi internet yang makin cepat, kita dapat memesan transportasi, makanan, barang, tukang service dll dengan sangat mudah.


4. Fast Charging
    Charging saat ini dianggap sebagai hal yang menghabiskan waktu. Waktu charging yang lama, membuat kita harus menunggu beberapa jam untuk menggunakan smartphone yang sedang kehabisan baterai. Maka, di tahun ini sedang dikembangkan teknologi fast charging yang memungkinkan batrai bisa diisi penuh hanya dalam puluhan bahkan belasan menit saja.


5. 3D Printer
    3D Printing atau dikenal juga sebagai Additive Layer Manufacturing adalah proses membuat objek padat 3 dimensi atau bentuk apapun dari model digital. Cara kerjanya hampir sama dengan printer laser dengan tehnik membuat objek dari sejumlah layer/ lapisan yang masing-masing dicetak di atas setiap lapisan lainnya. Teknologi printing ini sendiri sebenarnya sudah berkembang sejak sekitar 1980an namun belum begitu dikenal hingga tahun 2010an ketika mesin cetak 3D ini dikenalkan secara komersial. Dalam sejarahnya Printer 3D pertama yang bekerja dengan baik dibuat oleh Chuck Hull dari 3D Systems Corp pada tahun 1984. Sejak saat itu teknologi 3D printing semakin berkembang dan digunakan dalam prototyping (model) maupun industri secara luas seperti dalam arsitektur, otomotif, militer, industri medis, fashion, sistem informasi geografis sampai biotech (penggantian jaringan tubuh manusia).
   

6. Virtual Reality
     Virtual reality adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut. Di dalam bahasa Indonesia virtual reality dikenal dengan istilah realitas maya.
      Kelebihan utama dari virtual reality adalah pengalaman yang membuat user merasakan sensasi dunia nyata dalam dunia maya. Bahkan perkembangan teknologi virtual reality saat ini memungkinkan tidak hanya indra penglihatan dan pendengaran saja yang bisa merasakan sensasi nyata dari dunia maya dari virtual reality, namun juga indra yang lainnya.


7. Drone
    Drone adalah pesawat pengintai tak berawak yang dijalankan dengan pusat kendali di suatu tempat dengan menggunakan komputer atau juga remote control. Selain dapat dikendalikan, drone juga dapat disetting untuk dapat terbang secara otomatis. Drone terdapat dua jenis, walaupun polanya sama. Drone versi pertama adalah combat drone atau drone untuk keperluan pengintaian, peperangan dan penyerangan. Dan drone versi kedua yaitu drone yang dibuat dengan fungsi untuk sarana pengangkatan sesuatu benda atau barang atau juga terkadang digunakan untuk melakukan tugas yang dianggap kotor dan terlalu berbahaya bagi manusia, contohnya di tempat yang memiliki tingkat radiasi tinggi. Drone versi yang pertama dikarenakan memiliki fungsi sebagai alat pengintai sekaligus penyerang, maka pesawat terbang tanpa awak ini dilengkapi dengan senjata. Dan tentunya karena tidak memiliki awak, maka drone dilengkapi dengan kamera infrared, Global Positioning Systems (GPS) dan sistem komputer yang terkoneksi dengan pusat kendalinya.


8. Smartwatch
    Perkembangan teknologi dari tahun ke tahun semakin canggih dan maju. Setiap tahun berbagai inovasi teknologi terbaru bermunculan. Perkembangan teknologi ini bermanfaat bagi ke hidupan manusia di dunia. Tak dipungkiri lagi jika teknologi canggih ini mampu memenuhi kebutuhan manusia. Sebenarnya teknologi bukanlah barang baru di indonesia maupun di dunia, Sebelum menjadi mini smartphone, jam tangan pintar ini pernah dijuluki sebagai tablet dan mini PDA. Tapi kini setelah mengalami beberapa peningkatan jam tangan pintar ini bisa digunakan sebagai alat komunikasi yang canggih. Ternyata teknologi canggih ini sudah ada sejak tahun 1978. Ya, saat itu masyarakat dunia di hebohkan dengan penemuan teknologi baru, yaitu produk jam tangan dengan fitur kalkulator elektronik. Kemudian muncul berbagai produk jam tangan pintar dari beberapa merk terkenal dengan kecanggihan yang berbeda. Mulai dari fitur kalkulator layar sentuh, hingga jam tangan yang bisa digunakan sebagai alat komunikasi.






Referensi:

Komentar

  1. Gudjabbbb!! Nice article Dhea. You're so awesome. Terus menulis ya, biar bisa jadi inspirasi dan menambah wawasan semua orang ><

    BalasHapus
  2. Keren informasinya, sangat berguna :)

    BalasHapus
  3. Wah, keren2 ya! Terima kasih infonya :)

    BalasHapus
  4. makasih infonya ya mba.

    BalasHapus
  5. Makasih infonya, sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  6. bagus bagus nambah pengetahuan saya, lanjutkan!

    BalasHapus
  7. bagus ya infonya, dan bermanfaat sekali :)

    BalasHapus
  8. Goodwork dheaa :D thanks yaa buat infonyaa :) hehe

    BalasHapus
  9. Infonya sangat menarik makasih banyak :)

    BalasHapus
  10. makasih infonya sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  11. thank you mba dea infonya menarik :D

    BalasHapus
  12. mantaap. nambah pengetahuan bgt. thanks for your info :)

    BalasHapus
  13. manfaat bgt nih makasih yaa moga moga berkah aamiin

    BalasHapus
  14. nice Artikel !

    ditunggu artikel terbaik berikutnya thx!

    BalasHapus
  15. nice info.. thanks keep writing dhea!

    BalasHapus
  16. Wah kekinian nih artikelnya
    Nais info Dhea, terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Cerpen Semut Yang Hemat dan Kue Bika Ambon

Kecanggihan Teknologi CCTV dan Android

Sistem Informasi dan Teknologi Informasi