Kecanggihan Teknologi CCTV dan Android


Internet of Things

Internet of Things adalah sebuah istilah yang belakangan ini mulai ramai ditemui namun masih banyak yang belum mengerti arti dari istilah ini. Sebetulnya hingga saat ini belum ada pengertian atau definisi standar mengenai Internet of Things, namun secara singkat Internet of Things bisa dibilang adalah di mana benda-benda di sekitar kita dapat berkomunikasi antara satu sama lain melalui sebuah jaringan seperti internet.

Ide awal Internet of Things pertama kali dimunculkan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 di salah satu presentasinya. Kini banyak perusahaan besar mulai mendalami Internet of Things sebut saja Intel, Microsoft, Oracle, dan banyak lainnya.

Monitoring Ruangan menggunakan IP Camera

Perkembangan telekomunikasi yang begitu pesat seiring dengan perkembangan teknologi informasi memungkinkan pengaksesan data lebih praktis dan lebih cepat. Sedangkan alat telekomunikasi yang paling popular saat ini adalah perangkat mobile. Salah satu teknologi mobile yang sangat digemari saat ini adalah smartphone. Smartphone adalah telepon genggam yang dapat mengakses internet serta menyediakan fungsi Personal Digital Assistant (PDA. Sama halnya dengan komputer, smartphone memiliki sistem operasi yang berbeda-beda, salah satunya adalah Android. Seiring dengan berkembangnya teknologi dan kebutuhan akan informasi menyebabkan bertambah kompleksnya informasi yang bisa diolah, salah satu pengolahan informasinya dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan memonitoring ruangan dengan ip camera.

Sistem monitoring ruangan yang umum dipakai hanya menggunakan kamera CCTV yang dihubungkan dengan komputer untuk menampilkan hasil tangkapan kamera. Sistem ini mempunyai kelemahan hasil tangkapan kamera hanya dapat diakses dari tempat yang relatif dekat. Kelemahan yang lain adalah kamera yang ada tidak dapat diatur pergerakannya. Untuk mengatasi masalah tersebut, dibuat sebuah aplikasi yang mengakses hasil tangkapan kamera melalui smartphone. ip camera dihubungkan ke komputer server, kemudian handphone mengakses ip address komputer server untuk mendapatkan hasil tangkapan ip camera.

·         Android

Android adalah sebuah sistem operasi untuk perangkat mobile berbasis linux yang mencakup sistem operasi, middleware dan aplikasi. Pada awalnya sistem operasi ini dikembangkan oleh Android Inc, sebuah perusahaan yang kemudian dibeli oleh Google dan akhir-akhir ini bekerja sama dengan Open Handset Alliance (OHA). Android menyediakan platform yang terbuka lebar bagi para pengembang yang ingin menciptakan aplikasi sendiri pada mobile Android (open source)



·         Ip Camera

Ip camera adalah CCTV (Closed-circuit television) kamera yang menggunakan Internet Protokol untuk mengirimkan data gambar dan sinyal kendali atas Fast Ethernet link. Dengan demikian, Ip camera juga sering disebut sebagai kamera jaringan. Ip camera merupakan perkembangan dari CCTV. Yang membedakannya dengan CCTV biasa adalah setiap kamera memiliki IP sendiri sehingga kita bisa memilih kamera mana yang mau dilihat(Greg Iness, 2009). Ip camera memungkinkan pemilik rumah dan bisnis untuk melihat kamera mereka melalui koneksi internet yang tersedia baik melalui computer maupun mobile phone yang mendukung jaringan 3G. Sejumlah Ip camera biasanya ditempatkan bersama-sama dengan perekam video digital (DVR) atau jaringan perekam video (NVR) untuk membentuk sistem pengawasan video. Keamanan pada saat ini menjadi hal yang penting. Berbagai cara dilakukan untuk meningkatkan keamanan baik untuk keamanan pada perusahaan maupun tempat pribadi seperti rumah

·         Motion

Motion merupakan progam aplikasi video streaming berbasis command line yang dapat menampilkannya ke dalam web browser dan media player. Motion dapat digunakan untuk melakukan monitroring satu atau lebih kamera. Motion juga dapat menyimpan hasil tangkapan kamera ke dalam file baik dalam format gambar, atau pun video menggunakan fitur motion detection.

·         Java

Java adalah sebuah bahasa pemrograman komputer berbasiskan kepada Object Oriented Programming. Java didesain sedemikian rupa sehingga ukurannya kecil, sederhana, dan portable (dapat dipindah-pindahkan di antara bermacam platform dan sistem operasi). Program yang dihasilkan dengan bahasa java dapat berupa applet (aplikasi kecil yang jalan di atas web browser) maupun berupa aplikasi mandiri yang dijalankan dengan program java Interpreter

·         Topologi jaringan

Pada rancangan topologi tersebut, dapat dilihat bahwa seluruh ip camera nantinya akan dihubungkan dengan access point. Video hasil tangkapan ip camera tersebut akan diterima oleh server agar dapat diakses oleh program yang digunakan oleh client pada perangkat android yang telah terhubung pada jaringan yang sama.


Menurut saya, dengan adanya aplikasi untuk Monitoring ruangan khususnya pada CCTV yang berada di rumah itu sangat bermanfaat. Karena selain dapat mengontrol rumah dari luar rumah, kita juga dapat meningkatkan keamanan.

Sumber:


Komentar

  1. Makasih infonya Dheaa, jadi dapet inspirasi buat ambil foto rumah pas sepi... kali aja dapet penampakan

    BalasHapus
  2. Prediksi HK malam ini :

    Angka Main HONGKONG : 30172 BB

    Jaga BB Colok bebas HONGKONG : 3 0

    Colok Macau 2D HONGKONG : 30 17 BB

    Angka Jadi 2D Bom Bandar HONGKONG : 30*31*37*32*03*01*07*02*13*10*17*12*73*70*71*72*23*20*21*27*

    Main Ganjil Genap HONGKONG : GANJIL

    Main Besar Kecil HONGKONG : BESAR

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Cerpen Semut Yang Hemat dan Kue Bika Ambon

Sistem Informasi dan Teknologi Informasi