Jurnal


Model TQM Pada 3 Website Asuransi Pemerintah Di Bidang Kesehatan Yang Telah Di Analisis

Dhea Fairuz Dirayati

Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma
Jl. Margonda Raya No.100, Pd. Cina, Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424

Abstrak  –  Total Management System (TQM) adalah suatu sistem  manajemen kualitas yang berfokus pada pelanggan dengan melibatkan semua level karyawan dalam melakukan peningkatan atau perbaikan secara terus-menerus. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan model TQM yang cocok untuk diterapkan pada ketiga website yang telah dibandingkan menggunakan website analytic alexa.com. Metode penelitian yang digunakan adalah metode komparatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa TQM yang cocok diterapkan pada website asuransi pemerintah seperti bpjs-kesehatan.go.id, jiwasraya.co.id, dan jasaraharja.co.id adalah iso 9000 dan iso 26000.

Kata kunci: TQM, Alexa.com, Website Analytic.

Abstract - Total Management System (TQM) is a customer-focused quality management system involving all levels of employees in continuous improvement or improvement. This study aims to determine the appropriate TQM model to be applied to the three websites that have been compared using alexa.com analytic website. The research method used is comparative method. The results of this study show that suitable TQM applied to government insurance websites such as bpjs-kesehatan.go.id, jiwasraya.co.id, and jasaraharja.co.id are iso 9000 and iso 26000.

Keywords: TQM, Alexa.com, Analytic Website.

I.         Pendahuluan

Di masa kehidupan, manusia tidak dapat meramalkan apa yang akan terjadi meskipun menggunakan berbagai alat analisis terutama masalah kesehatan seseorang. Resiko dimasa datang dapat terjadi terhadap kehidupan seseorang misalnya saja kematian, sakit, kecelakaan. Setiap resiko yang dihadapi harus cepat dicover agar tidak membebankan penderita. Adalah perusahaan asuransi yang mau dan sanggup menanggung setiap resiko yang akan dihadapi oleh nasabahnya baik perorangan maupun badan usaha.
Adapun beberapa perusahaan asuransi milik pemerintah di bidang kesehatan adalah Jiwasraya, Jasa Raharja, dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Dapat dibandingkan ketiga website perusahaan asuransi tersebut menggunakan website analytic alexa.com untuk menganalisis kinerja situs web dan mengoptimalkan pengunaan web.
Situs Alexa.com merupakan situs yang didirikan pada April 1996. Situs ini merupakan situs yang dimiliki oleh Amazon, sebuah perusahaan perdagangan elektronik multinasional ternama yang bermarkas di Seattle, Amerika. Boleh dikatakan situs ini berinduk pada situs Amazon.com. Meskipun menginduk pada Amazon, situs ini bukanlah situs yang berkaitan dengan perdagangan maupun elektornik.
Situs Alexa.com merupakan situs yang  yang menyajikan peringkat atau rangking dari sebuah website atau web blog. Situs ini akan memberikan informasi terkait jumlah lalu lintas pengunjung pada situs tertentu. Bisa dikatakan situs ini menjadi barometer atau acuan tentang apakah sebuah situs banyak dikunjungi atau tidak? Mengapa hal ini penting? Tentunya bagi beberapa pihak kunjungan ke sebuah situs adalah nilai besar yang tidak bisa ditawar. Hal inilah yang menjadi landasan mengapa situs Alexa kerap kali jadi patokan bagi beberapa situs, terutama situs yang berkaitan dengan e-commerce.  
Situs Alexa ini bisa dibilang cukup akurat dalam memberikan rangking pada sebuah situs. Hal ini dilandasi karena situs Alexa.com didirikan berdasarkan konsep informasi yang tepat dan cukup relevan bagi para pengguna internet. Karena hal inilah situs ini cukup dipercaya. Situs ini sendiri  memebrikan peringkat 1 dan 2 kepada dua situs terbesar dari 30 juta situs website yang tersebar di dunia. Posisi satu ditempati oleh raksasa mesin pencari Google dan perangkat dua ditempati oleh situs jejaring sosial terbesar yakni Facebook  untuk data rangking Global (akses Maret 2014) .
Total Management System (TQM) adalah suatu sistem  manajemen kualitas yang berfokus pada pelanggan dengan melibatkan semua level karyawan dalam melakukan peningkatan atau perbaikan secara terus-menerus.
Jurnal ini bertujuan untuk menganalisis 3 website Asuransi milik pemerintah di bidang kesehatan. Dan menganalisis model TQM yang tepat untuk diterapkan pada ketiga website tersebut.

II.      Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian komparatif. Metode Penelitian komparatif adalah penelitian yang bersifat membandingkan. Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan persamaan dan perbedaan dua atau lebih fakta-fakta dan sifat-sifat objek yang di teliti berdasarkan kerangka pemikiran tertentu. Pada penelitian ini variabelnya masih mandiri tetapi untuk sampel yang lebih dari satu atau dalam waktu yang berbeda.
Tujuan Penelitian Komparatif adalah sebagai berikut:
·         Untuk membandingkan persamaan dan perbedaan dua atau lebih fakta-fakta dan sifat-sifat objek yang di teliti berdasarkan kerangka pemikiran tertentu.
·         Untuk membuat generalisasi tingkat perbandingan berdasarkan cara pandang atau kerangka berpikir tentu.
·         Untuk bisa menentukan mana yang lebih baik atau mana yang sebaiknya dipilih.
·         Untuk menyelidiki kemungkinan hubungan sebab-akibat dengan cara berdasar atas pengamatan terhadap akibat yang ada dan mencari kembali faktor yang mungkin menjadi penyebab melalui data tertentu.
Pada jurnal ini terlihat bahwa dilakukan perbandingan tiga website asuransi pemerintah di bidang kesehatan. Kemudian setelah di analisis dilakukan penetapan model TQM yang tepat untuk ketiga website tersebut. Sehingga tepat untuk memilih metode penelitian komparatif yang sifatnya membandingkan.

III.   Hasil dan Pembahasan

Dari ketiga website yang telah di analisis, peringkat pertama dalam hal pengunjung paling banyak adalah bpjs-kesehatan.go.id . Dari segi tampilan ketiga website tersebut mempunyai fitur responsive design dengan tipe yang berbeda-beda. Website BPJS memiliki perbedaan di bandingkan kedua website lainnya yaitu mempunyai tipe responsive tersendiri yaitu dengan menggeser container bloknya sehingga tulisan menjadi kecil dan sulit dibaca jika dilihat menggunakan handphone. Website jasaraharja.co.id memiliki bounce rate terendah karena website ini memiliki design yang baik serta responsive web yang juga baik, serta website ini memiliki fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh kedua website lainnya seperti Annual Report, layanan E-Learning, Aplikasi handphone Siap-JR, dan E-Procurment yang menyebabkan pengunjung cukup bertahan lama di website ini. Dalam hal demografi internet, bpjs-kesehatan.co.id ialah satu-satunya website yang kami bandingkan mempunyai segala jenis rentang pendidikan mulai dari tidak  bersekolah hingga lulus kuliah dibandingkan dengan website asuransi lainnya yang memiliki pendidikan formal.
Hasil analisis berdasarkan:
a.       Peringkat pengunjung dunia maupun Indonesia
·         Jiwasraya

 ·         Jasa Raharja
·         BPJS

b.      Lokasi pengunjung
·         Jiwasraya
·         Jasa Raharja
·         BPJS

c.       Bounce Rate
·         Jiwasraya
·         Jasa Raharja
·         BPJS

d.      Identitas Pengunjung
·         Jiwasraya
·         Jasa Raharja
·         BPJS


Tujuan TQM ialah perbaikan proses secara terus-menerus. Artinya kualitas selalu diperbaiki dan disesuaikan dengan perubahan yang menyangkut kebutuhan dan keinginan para pelanggan. Serta prinsipnya ialah difokuskan pada pelanggan, perbaikan proses dan keterlibatan total. Dan hal terpenting TQM dapat diterapkan dalam teknologi informasi apabila memenuhi syarat-syarat berikut:
1.             Setiap perusahaan/organisasi harus secara terus menerus melakukan perbaikan proses pada mutu produk dan layanan, sehingga dapat memuaskan konsumen.
2.             Memberikan kepuasan kepada pemilik, supplier, karyawan dan para pemegang saham
3.             Memiliki wawasan dan pandangan jauh ke depan dalam meningkatkan profit dari penjualan produk atau layanan.
4.             Fokus utama ditujukan pada proses, baru pada hasil.
5.             Menciptakan kondisi di mana para karyawan dapat aktif berpartisipasi dalam menciptakan keunggulan mutu
Setelah menganalisis ketiga website tersebut dapat di tetapkan model TQM yang cocok di terapkan pada ketiga website ini. Model yang cocok adalah iso 9000 dan iso 26000. Karena, jika dilihat dari tujuan iso 9000 dan iso 26000 yaitu antara lain mengutamakan kepuasan dari masyarakat dengan memberikan pelayanan dan produk yang berkualitas, sama halnya dengan asuransi pemerintah yang bertujuan hal yang sama namun dikhususkan pada bidang kesehatan saja.
ISO adalah badan standar dunia yang dibentuk untuk meningkatkan perdagangan internasional yang berkaitan dengan perubahan barang dan jasa. ISO dapat disimpulkan sebagai koordinasi standar kerja internasional, publikasi standar harmonisasi internasional, dan promosi pemakaian standar internasional.
ISO 9000 menyediakan pedoman untuk mengembangkan dan mengimplementasikan sistem Total Quality Management. Dalam pedoman tersebut disampaikan bahwa aspek-aspek dari sistem manajemen mutu dalam hubungan dengan kebutuhan sebuah bisnis untuk mencapai mutu dengan biaya optimum, memastikan perolehan laba, memperluas saham pasar dan memelihara daya saing jangka panjang. Sistem TQM – ISO 9000 biasanya diterapkan untuk berinteraksi dengan semua kegiatan yang berkaitan dengan mutu suatu barang atau jasa. Sistem ini mencakup semua tahap dari identifikasi awal hingga akhirnya tercapai kepuasan bagi pihak yang berkepentingan. Semua tahapan ini dapat digambarkan dengan pola Plan-Do-Check-Act (PDCA). Pola ini merupakan stuktur pendekatan yang digunakan dalam ISO 9000 untuk melakukan pendekatan proses, penekanan pada pelanggan dan peningkatan yang berkesinambungan (continual improvement). Pola tersebut merupakan pola yang digunakan untuk mencapai Total Quality Management.
ISO 26000 adalah standar internasional yang dikembangkan untuk membantu organisasi menilai dan menangani tanggung jawab sosial secara efektif dan signifikan terhadap misi dan visi mereka; Operasi dan proses; Pelanggan, karyawan, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya; Dan dampak lingkungan.


IV.   Kesimpulan dan Saran

a.         Kesimpulan
Dari penelitian ketiga website yang dibandingkan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa:
-       Dari segi peringkat pengunjung dunia maupun Indonesia, website Jasa Raharja yang paling banyak di kunjungi.
-       Dari segi lokasi pengunjung, Indonesia menjadi peringkat pertama yang paling sering mengunjungi ketiga website tersebut.
-       Dari segi bounce rate, website Jasa Raharja memiliki bounce rate terendah. Yang berarti semakin rendah bounce rate maka semakin menarik.
-       Dari segi identitas pengunjung, ketiga website ini paling tinggi di kunjungi oleh laki-laki yang lebih sering mengakses website ini ketimbang wanita, dalam hal edukasi orang yang sudah berkuliah lebih banyak mengakses dari pada yang jenjang pendidikan sebelumnya, dan orang yang bekerja lebih sering mengakses website ini dibandingkan dengan sekolah atau dari rumah.
Berdasarkan simpulan analisis tersebut, dapat di tetapkan model TQM yang paling tepat adalah iso 9000 dan iso 26000.

b.        Saran
Dari kesimpulan penelitian, penulis dapat memberikan saran berupa:
-       Perbaikan website yang perlu dilakukan secara berkala agar tetap menarik dan mudah dipahami oleh pembaca.
-       Meningkatkan kualitas website dengan mendesain yang mudah digunakan oleh pembaca.
-       Selalu mengoptimalkan kualitas masing-masing perusahaan agar dapat memenuhi kepuasan konsumen.

V.      Daftar Pustaka

Tugas 1 Manajemen Layanan Sistem Informasi
Tugas 2 Manajemen Layanan Sistem Informasi



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Cerpen Semut Yang Hemat dan Kue Bika Ambon

Kecanggihan Teknologi CCTV dan Android

Sistem Informasi dan Teknologi Informasi