Digital Assistant

Membuat mesin menjadi cerdas mungkin saja terjadi. Semakin berkembangnya teknologi, maka semakin besar kemungkinan banyak mesin-mesin yang di buat menjadi cerdas agar dapat membantu pekerjaan manusia seperti digital assistant yang di pelopori oleh Siri, kemudian muncul Google Now dan Cortana.
Siri ini dikembangkan oleh perusahaan ternama seperti Apple. Siri dapat di perintahkan untuk memanggil orang, mengirim pesan, menjadwalkan agenda, peluncur aplikasi atau game, memainkan musik, menjawab pertanyaan, mengingatkan agenda hingga memprediksi cuaca.
Pada Google Now ini menitik beratkan pada kesederhanaan dan kemudahan dalam mengakses tetapi dalam memberikan informasi sangat luar biasa dan mendetail dengan penjabaran deskripsi yang lengkap. Tampilan yang diperlihatkan bisa dikatakan terbaik dari yang lain karena dalam pengaturan tampilanya sangat friendly (mudah dipahami) dan sudah terklasifikasi berdasarkan jenisnya lewat menu customize.
Cortana yang layaknya asisten atau sekretaris pribadi dalam dunia nyata bisa kita perintahkan untuk mencatat jadwal rapat, melakukan pencarian hal tertentu, memutar musik atau menelepon seseorang. Makin lama, Cortana akan semakin pintar karena ia belajar dari hal-hal yang kita ketik di mesin pencari Bing.
Mengenai digital asisstant ini baik dari kubu Siri, Google Now dan Cortana ketiganya menggunakan metode yang sama dalam mengeksekusi perintah dari pengguna dengan menggunakan suara pengguna. Pada dasarnya perintah suara akan memberikan kemudahan jika dibandingkan dengan cara lain seperti menggunakan keyboard. Hal ini dikarenakan suara merupakan alat komunikasi yang bersifat sederhana dan alami dan memudahkan manusia dalam memberikan perintah. Suara bisa memberikan karakteristik yang berbeda dan sefesifik, hal ini karena setiap orang mempunyai perbedaan spectrum suara, perbedaan frekuensi dan amplitudo diantara individu.
Membuat mesin menjadi lebih cerdas dari manusia sudah di terapkan oleh digital assistant ini, Cortana diklaim mampu memahami bahasa pencarian yang lebih alami. Cortana setidaknya lebih memahami keinginan pengguna. Konon Cortana juga dapat membaca informasi spesifik pengguna, misalnya akan pergi kemana, perhatian dengan siapa sampai tertarik pada apa saja.
Tak jauh beda dengan Cortana dan Siri, Google Now dapat mencarikan restoran terdekat serta memberikan prediksi cuaca. Berbekal riwayat pencarian di mesin pencari Google, maka Google Now akan mengolah data itu dan memberikan informasi yang relevan dengan keseharian pengguna. Google Now akan menganalisa kebutuhan informasi pengguna berdasarkan riwayat pencarian itu. Jadi Google Now, seakan-akan tahu keinginan sang 'majikannya'.

Referensi : Jurnal Analisis Digital Assistant versi Cortana,  Siri dan Google Now

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Cerpen Semut Yang Hemat dan Kue Bika Ambon

Kecanggihan Teknologi CCTV dan Android

Sistem Informasi dan Teknologi Informasi